Pilih Jenis Cat Yang Bagus

7 Tips Memilih Warna Untuk Rumah Anda

Rumah adalah tempat pulang, tempat melepas penat setelah seharian beraktivitas di luar. Banyak orang yang berharap bahwa rumah menjadi tempat paling asyik untuk berkumpul dan berbagi cerita dengan teman dan keluarga. Oleh karena itu, banyak orang yang menginginkan rumah yang indah dan nyaman.

Untuk membuat rumah yang indah dan nyaman, perlu memperhatikan beberapa komponennya. Mulai dari lokasi pembuatan rumah, apakah menyukai tempat yang ramai ataukah tempat yang sepi, serta desain interior dan eksteriornya. Nah, salah satu yang tak kalah penting adalah cat atau warna untuk rumah anda.

Memilih warna rumah sebenarnya tergantung dari selera anda. Apakah anda tipe orang yang suka rumah dengan nuansa klasik dan elegan, atau suka dengan rumah modern yang full color, atau justru sebaliknya anda lebih suka dengan warna gelap.

Terlepas dari itu semua, beberapa orang terkadang tidak tepat dalam memilih warna untuk rumahnya, sehingga terkesan kurang indah bagi para penghuni maupun pengunjungnya. Pastinya anda tidak menginginkan hal ini terjadi kan. berikut ini akan dijelaskan tips memilih warna untuk rumah anda sehingga hasilnya tidak mengecewakan dan membuang-buang biaya. Yuk simak penjelasannya!

Tips Memilih Warna Rumah

Mungkin di saat sudah bosan dengan desain rumah, anda akan berfikir keras bagaimana cara mengubah suasana rumah menjadi menyenangkan kembali. Alternatif yang bisa anda lakukan adalah mengatur ulang peletakan barang dan mengganti warna rumah.

Mengganti warna rumah ini gampang gampang susah lho. Awalnya sudah yakin dengan warna A eh ternyata ketika diterapkan jadi semakin jelek. Pastinya, anda juga tidak menginginkan tamu yang berkunjung berkomentar jelek tentang rumah anda kan. Nah, berikut ini adalah 7 tips memilih warna untuk rumah anda agar semakin mempesona.

Pilih Jenis Cat Yang Bagus

Pilih Jenis Cat Yang Bagus
Pilih Jenis Cat Yang Bagus

Memilih cat warna rumah yang murah sering kali dilakukan. Alih-alih berhemat anggaran, eh tapi catnya tidak sesuai harapan. Jika diterapkan ke dinding rumah jadinya malah kurang memuaskan.

Oleh karena itu, pilih jenis cat yang sekiranya bahannya bagus jika diterapkan dan tidak mudah mengelupas ya. Karena jika anda membeli cat yang mudah mengelupas, maka anda akan lebih sering mengeluarkan anggaran untuk mengecat rumah anda lagi.

Apalagi  jika anda sudah terlalu sibuk dengan urusan yang lain. Jika ditambah lagi dengan urusan warna rumah sungguh merepotkan bukan ?

Mengetahui Karakter Setiap Warna

Mengetahui Karakter Setiap Warna
Mengetahui Karakter Setiap Warna

Tips yang kedua adalah anda harus mengetahui karakter setiap warna. Memahami karakter warna penting anda lakukan untuk mengetahui warna mana yang cocok untuk mood anda sekarang.

Misalkan, putih adalah warna yang bersih, netral dan mewah. Jika anda menginginkan warna yang bisa membuat rumah anda terlihat luas, anda bisa menggunakan warna abu-abu. Jika anda menyukai kesan mistis anda bisa menerapkan warna hitam.

Tetapi, warna hitam cocok untuk eksterior, tidak cocok jika diterapkan di bagian dalam ruangan. Tetapi kembali lagi semua sesuai dengan selera anda.

Memulai Dari Daerah Terkecil Rumah Anda

Memulai Dari Daerah Terkecil Rumah Anda
Memulai Dari Daerah Terkecil Rumah Anda

Tips yang ketiga, jika memang anda kurang yakin dengan warna yang anda beli. Anda bisa mencobanya di bagian terkecil ruangan rumah anda. Anda bisa menggunakan kamar mandi, atau kamar yang paling sempit, atau tembok lorong untuk menjadi bahan percobaan.

Tujuannya, jika nanti tidak cocok dan merasa kurang tepat anda bisa langsung menggantinya dengan membeli cat warna yang baru.  Tetapi jika anda sudah merasa cocok, tinggal melanjutkan sisanya saja.

Kombinasikan dengan Warna Benda-Benda yang Ada di Rumah Anda

Kombinasikan dengan Warna Benda-Benda yang Ada di Rumah Anda
Kombinasikan dengan Warna Benda-Benda yang Ada di Rumah Anda

Nah tips yang mengkombinasikan atau menyesuikan warna cat untuk rumah anda dengan benda-benda di sekitarnya. Misalkan warna sofa anda adalah hijau tosca. Maka anda bisa memilih cat dengan warna hijau tosca atau minimal yang mendekati.

Memilih warna yang sembarangan dan tidak menyesuaikan dengan warna barang-barang di sekitarnya juga kesalahan yang cukup fatal.  Ruangan nantinya tidak terkesan jomplang atau tidak matching antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, mengkombinasikan warna cat dengan benda-benda di sekitarnya menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan.

Perhatikan Pencahayaan

Perhatikan Pencahayaan
Perhatikan Pencahayaan

Tips memilih warna untuk rumah anda yang kelima adalah memperhatikan pencahayaan. Apa artinya? ternyata warna lampu juga ikut mempengaruhi bagus atau tidaknya warna rumah anda lho.

Warna lampu yang terang akan cenderung menonjolkan cahaya yang terang dan hangat. Sedangkan untuk lampu pendar akan menghasilkan warna yang kebiru-biruan. Oleh karena itu penting memilih memakai pencahayaan yang mana untuk mendukung warna rumah anda.

Mencari Referensi Perpaduan Warna yang Cocok

Mencari Referensi Perpaduan Warna yang Cocok
Mencari Referensi Perpaduan Warna yang Cocok

Tips memilih warna untuk rumah anda selanjutnya adalah mencari referensi perpaduan yang cocok. Jika anda ingin menggunakan satu warna saja dalam satu ruangan agaknya kurang tepat. Karena pastinya anda harus memberikan warna yang berbeda sebagai batas antar ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Tetapi, agar rumah anda terlihat indah maka anda harus memadukan warna yang cocok antara ruangan satu dengan yang lainnya. Atau jika anda ingin menggunakan dua warna dalam satu ruangan, anda bisa melihat lingkaran warna.

Lingkaran warna sering kali digunakan oleh para desainer rumah. Tujuannya adalah untuk menghasilkan kombinasi dua warna yang bagus dalam satu, dua ruangan atau lebih. Hal ini juga sangat berguna warna apa yang bagus apabila anda ingin memadukan warna gelap dan terang dalam satu ruangan.

Memilih Warna Rumah Juga Harus Menentukan Konsep Seperti Apa yang Ingin Digunakan

Tentukan Konsep Desain
Tentukan Konsep Desain

Menentukan konsep ruangan terlebih dahulu juga penting untuk anda lakukan. Anda juga bisa memikirkan atau menerapkan konsep yang berbeda pada setiap ruangan. Setelah anda memikirkan konsepnya kemudian anda sesuaikan dengan warnanya.

Misalkan di dalam kamar tidur anak anda ingin memikirkan konsep  di atas awan. Maka anda harus memilih warna biru atau putih untuk memberi warna kamar anak anda.  Lain lagi jika anda ingin mengonsep kamar anda menjadi lebih romantis yaitu berkonsep monokrome misalnya.

Atau anda menginginkan konsep satu rumah sama. Maka anda harus mengkombinasikan warna yang sekiranya cocok dengan diberikan sentuhan sedikit lukisan pada dinding yang akan membuatnya lebih indah.

CONCLUSION

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan rumah yang lebih indah dan nyaman untuk anda, keluarga, teman dan tamu anda. Pilih warna yang cocok dan kombinasikan dengan konsep, dan warna barang-barang di sekitarnya.  

Sekian penjelasan tips memilih warna untuk rumah anda secara tepat dan akan membuat rumah lebih indah dan nyaman. Pastikan beberapa tips di atas sudah terlaksana dengan baik. Agar memperoleh rumah dengan warna yang sesuai, dan anda tidak akan menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba Guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *