Arti Skala Dalam Denah Rumah

Arti Skala Yang Ada di Denah Rumah

Saat melihat berbagai denah rumah minimalis, mungkin anda memperhatikan ada skala di bagian bawah gambar denah tersebut berupa angka 1:100 misalnya, lalu apa arti skala dalam denah rumah tersebut?

Bisa saja anda melihat angka tersebut di brosur rumah minimalis yang anda dapat dari developer, atau dari gambar engineering yang anda dapat dari orang sipil atau arsitek, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan pemahaman dan gambaran kepada anda.

Skala Dalam Denah Rumah
Skala Dalam Denah Rumah

Skala Gambar

Gambar denah rumah merupakan gambar tehnik yang dirancang sesuai ukuran dengan bentuk bangunan yang sesungguhnya, bedanya adalah dilakukan pengecilan sesuai ukuran kertas yang dipakai sebagai media menggambar denah rumah, ataupun pembesaran untuk mem-perlihatkan detail detail tehnik  bangunan yang rumit.

Tidak mungkin kan kalau gambar tersebut harus digambar sesuai dengan ukuran aslinya?

Untuk memperkecil dan memperbesar inilah kita membutuhkan sebuah pedoman skala. Dengan menentukan sebuah skala yang dipakai, maka suatu kesatuan gambar harus mengikuti aturan skala yang telah ditentukan tersebut.

Jadi angka skala gambar ini tidak cuma dipakai di gambar denah saja, tapi semua gambar teknik harus mencantumkan skala.

Arti Skala di Gambar Denah

Sebagai contoh, misalnya saja kita sedang mengerjakan denah rumah minimalis yang memiliki skala 1:100. Skala 1:100 merupakan skala yang digunakan untuk gambar secara umum.

Arti skala 1:100 dalam denah tersebut adalah pada setiap 1 cm yang ada di gambar mewakili 100 cm pada ukuran rumah atau lahan yang sesungguhnya.

Sebagai contoh misalnya pada dinding ruang tamu dengan panjang 1 m yang mana dalam centimeter sebesar 100cm, maka pada gambar denah dengan skala 1:100 ukurannya adalah 1 cm.

Gampangnya, 1:100 bisa juga ditulis 1 cm : 100 cm, yang mana 1 cm di gambar sama dengan 100 cm ukuran sebenarnya.

Skala Umum Gambar Denah

Selain skala 1:100, juga terdapat banyak macam ukuran skala yang sering dipakai dalam gambar bangunan menyesuaikan ukuran kertas dan juga besarnya bangunan yang akan di desain. Berikut ini beberapa skala dan juga penggunaan jenis gambar.

Skala 1 : 100

Artinya dalam setiap 1 cm mewakili 100 cm, biasa dipakai pada gambar denah rumah, tampak depan dan atau samping rumah, denah pondasi, denah pola lantai, denah atap, gambar shop drawing pelaksanaan dll.

Skala 1 : 1000

Sering dipakai guna menggambarkan obyek yang besar seperti pada peta kontur tanah, peta perumahan, gedung bertingkat tinggi dan lain-lain.

Skala 1:20

Sering dipakai menggambarkan detail bangunan seperti gambar detail pintu dan jendela, detail pondasi, detail sanitair dan lain-lain.

Skala 1:5

Sering dipakai menggambarkan gambar yang memerlukan detail lebih teliti seperti pada sambungan besi struktur, detail instalasi listrik, detail furniture dan lain-lain.

Disamping itu juga sering dipakai skala 1:1, 1:2, 1:4, 1:5, 1:10,1:15,1:20, 1:25, 1:30, 1: 40 , 1: 50, 1:60, 1: 80, 1:100, 1:200 dan seterusnya. Sesuai kebutuhan.

Final Words

Dalam kegiatan menggambar denah rumah minimalis dan tehnik bangunan lainnya, ukuran skala sangat diperhitungkan.

Dalam gambar manual, sejak awal kita sudah harus melakukan skala terhadap gambar tehnik bangunan kita.

Namun jika memakai software seperti Autocad, kita dapat langsung membuat dengan skala 1:1 tanpa harus menghitung terlebih dahulu sejak awal. Barulah saat ingin mencetak kertas bisa kita atur sesuai kebutuhan untuk skala tertentu.

Semoga dengan membaca ulasan tentang arti skala dalam denah rumah ini kita bisa lebih mengerti arti skala dalam sebuah denah rumah. Selamat membangun hunian impian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *