Desain Dapur Minimalis Dominasi Warna Cerah dengan Hiasan Minimalis

7 Desain Inspirasi Dapur Minimalis dan Modern

Aktivitas memasak tentu lebih seru jika dilakukan di ruang dapur dengan suasana nyaman dan menyenangkan. Perabotan atau peralatan memasak yang cukup banyak membuat Anda membutuhkan ruang yang besar. Namun, kenyataannya ruang dapur Anda sangat sempit sehingga membutuhkan inspirasi dapur minimalis dan modern.

Area perumahan atau perkotaan dengan jumlah penduduk yang padat membuat ketersediaan lahan tiap rumah berkurang. Terutama jika Anda memiliki modal pas-pasan untuk membeli tanah bangunan rumah. Melihat gaya bangunan rumah modern, Anda perlu juga untuk mengintip beberapa desain ruangan seperti dapur.

Ide Desain Dapur Minimalis dan Modern

Dapur merupakan ruang yang penting karena digunakan untuk aktivitas memasak. Atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan konsumsi makanan dan minuman. Perabotan memasak atau yang berfungsi untuk menyimpan makanan memang cukup besar, antara lain kulkas, kompor, wastafel cucian, dan sebagainya.

Kini Anda tidak perlu khawatir karena telah banyak inspirasi dapur minimalis dan modern yang bisa dijadikan rekomendasi desain menarik. Beberapa tips berikut mungkin cocok untuk membuat dapur memiliki suasana nyaman untuk digunakan.

Desain Dapur Penuh Warna

Desain Dapur Minimalis dan Modern Penuh Warna
Desain Dapur Minimalis dan Modern Penuh Warna

Dapur yang terlihat kotor dan cenderung suram biasanya memiliki warna gelap atau kurang cerah. Bahkan pada dapur-dapur tradisional tidak terdapat warna sama sekali di permukaan dinding ataupun lantainya. Hal itu yang membuat sebagian besar orang tidak menyukai suasana dapur.

Pada bangunan rumah modern dengan ruang yang sempit, tentu akan menyulitkan Anda menyesuaikan bentuk dan ukuran dapur. Solusi kreatif yang bisa dilakukan sebenarnya dengan membuat dapur tampak luas. Meskipun berbeda dari ukuran sebenarnya.

Buatlah dapur Anda menjadi cantik dan indah menggunakan variasi warna secara penuh di setiap sisi ruangan. Anda bisa memadukan gradasi warna yang sesuai dengan tema favorit. Warna-warna pastel kini cukup populer, serta sangat indah jika diterapkan untuk desain interior ruangan, termasuk dapur.

Gunakan beragam warna pastel menarik seperti biru muda, tosca, merah muda, atau oranye muda. Warna tersebut akan cocok jika diterapkan pada bagian dinding, cat lemari, atau perabotan lainnya. Anda bisa bebas memilih warna untuk lantai Anda.

Desain Dapur Klasik

Desain Dapur Minimalis dan Modern Klasik
Desain Dapur Minimalis dan Modern Klasik

Dapur klasik juga menjadi inovasi desain yang kini cukup populer pada bangunan rumah modern. Warna-warna dominan yang digunakan seperti abu-abu muda dan putih, atau cokelat muda di beberapa sisi. Anda bisa menambahkan meja makan beserta kursi yang mungil untuk melengkapi dapur.

Perabot dapur seperti lemari atau rak penyimpanan umumnya terbuat dari bahan stainless. Bisa menggunakan kayu asalkan Anda mengetahui kondisi yang ada di ruang dapur. Jangan sampai Anda memilih beberapa barang yang terbuat dari bahan mudah terbakar, mudah terkena lembab, dan sebagainya.

Motif Shabby yang Lucu

Motif Shabby yang Lucu
Motif Shabby yang Lucu

Sebagian wanita memiliki hobi yang unik, yakni mendesain rumah dengan gaya lucu dan imut yang terkesan ceria. Mereka bahkan membuat tiap ruangan di dalam rumah terlihat sangat imut dengan warna-warna dominan pink atau pastel. Motif shabby biasanya berupa bunga-bunga, desain kain penuh renda.

Shabby memang sangat manis jika dijadikan sebagai tema ruang dapur Anda. Terutama jika Anda menyukai keceriaan dan suasana bahagia seperti masih muda. Beberapa dekorasi shabby di ruang dapur, dapat diterapkan pada penutup lemari, taplak meja, hiasan dinding, hingga kelambu.

Dapur minimalis yang dipenuhi dengan motif shabby tidak akan suram, justru membuat suasana memasak atau makan bersama semakin menyenangkan. Anda bisa mencari informasi inspirasi dapur minimalis dan modern ala shabby style melalui berbagai media. Karena telah banyak yang menerapkannya sejak lama.

Dominasi Warna Cerah dengan Hiasan Minimalis

Desain Dapur Minimalis Dominasi Warna Cerah dengan Hiasan Minimalis
Desain Dapur Minimalis Dominasi Warna Cerah dengan Hiasan Minimalis

Inspirasi dapur minimalis dan modern selanjutnya bisa diterapkan dengan menggunakan warna-warna cerah, seperti putih, biru muda, atau tosca. Dengan warna-warna tersebut Anda bisa menggunakan berbagai konsep desain. Seperti gaya rustic, vintage, klasik, atau tradisional.

Warna-warna cerah lebih mudah dipadukan dengan beragam perabot yang unik. Sebaiknya warna tersebut digunakan pada dinding, atap, lantai, dan beberapa lemari penyimpanan. Anda bisa memasang hiasan dinding sesuai keinginan, serta lampu sebagai penambah keunikan.

Penuhi dengan Lemari Penyimpanan

Desain Dapur Minimalis Penuhi dengan Lemari Penyimpanan
Desain Dapur Minimalis Penuhi dengan Lemari Penyimpanan

Perabotan yang banyak akan sangat mengganggu kenyamanan sekaligus pemandangan jika Anda tidak dapat menatanya dengan baik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sediakan lemari penyimpanan perabot dalam jumlah banyak. Tetapi perhatikan peletakannya agar tidak terkesan berantakan dan penuh.

Sesuaikan ukuran lemari dengan sisat ruang yang tersedia di dapur. Apabila ruang di bagian bawah kosong, maka letakkan lemari meja yang praktis. Anda bisa memanfaatkannya menjadi tempat penyimpanan sekaligus meja untuk keperluan memasak atau lainnya.

Untuk meletakkan kompor sebaiknya bangunlah porselen untuk melapisi bagian bawah kompor. Kemudian Anda bisa meletakkan lemari kecil di bagian bawah sebagai tempat meletakkan gas atau benda lainnya. Jika bagian bawah sudah penuh, Anda bisa memasang lemari atau rak gantung dengan desain unik di dinding.

Berikan Celah Untuk Ruang Terbuka

Desain Dapur Modern Berikan Celah Untuk Ruang Terbuka
Desain Dapur Modern Berikan Celah Untuk Ruang Terbuka

Ruang yang sempit tentu membuat sebagian orang merasa sesak. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membuat sebuah jendela pada sisi yang tepat di dapur Anda. Letakkan beberapa jenis tanaman kecil yang segar di sisi jendela tersebut untuk membuat suasana terasa lebih tenang dan nyaman.

Apabila Anda tidak memiliki akses untuk menghubungkan jendela dengan udara segar di luar. Maka buatlah imitasi jendela dengan hiasan bunga hidup yang mampu bertahan dalam ruangan. Pastikan bahwa dapur tidak memiliki dinding yang terlalu tertutup sehingga membuat Anda sesak.

Pilih Salah Satu Corak Desain yang Lebih Dominan

Pilih Salah Satu Corak Desain Dapur Minimalis yang Lebih Dominan
Pilih Salah Satu Corak Desain Dapur Minimalis yang Lebih Dominan

Desain penuh motif atau hiasan memang bagus, tetapi jika diterapkan secara berlebihan maka membuatnya tampak norak. Sebaiknya Anda perlu menentukan salah satu konsep terbaik kemudian menerapkan corak desain yang lebih dominan. Misalnya saat Anda memilih desain dapur shabby.

Maka ruangan akan didominasi oleh corak bunga dengan warna pastel yang ceria dan lucu. Motif tersebut hanya bisa dipadukan dengan hal-hal menarik yang bersifat ceria dan cerah. Tidak bisa dipadukan dengan motif klasik atau sebagainya.

Apabila Anda memilih konsep rustic, maka bisa memadukannya dengan motif bunga hidup. Agar ruangan terkesan memiliki nuansa dekat dengan alam. Anda pun dapat memasang bahan desain seperti batu alam, atau kayu yang dominan.

CONCLUSION

Ketujuh inspirasi dapur minimalis dan modern di atas sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki ukuran ruang dapur sempit. Namun, memiliki perabotan yang cukup banyak. Serta ingin agar dapur tampak lebih menyenangkan dengan gaya modern.

Desain unik dan menarik tentu lebih tepat jika diiringi dengan perawatan ruangan dengan baik, mengingat dapur mudah sekali kotor. Pastikan bahwa Anda membersihkan ruang dapur secara rutin. Apabila terlalu malas, Anda bisa menggunakan bahan yang mudah dibersihkan sebagai pelapis permukaan dinding dan lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *