Denah rumah kecil

Desain Rumah Minimalis Type 21 Supaya Tidak Kehabisan Ide

Ada alasan mengapa rumah minimalis dengan type 21 sebaiknya menjadi alternatif pilihan Anda. Idealnya rumah ini cocok untuk 1 orang ataupun untuk keluarga kecil dengan 1 – 2 anak. Type rumah ini juga menjadi pilihan banyak orang karena harganya paling terjangkau untuk sekarang ini. Apabila keluarga Anda sekarang masih punya banyak kebutuhan yang belum terpenuhi, dan memang anggota keluarga tidak terlalu banyak, maka rumah ini boleh menjadi pilihan.

Untuk rancangan ide desain yang mau Anda gunakan bisa mencoba desain-desain yang ada di bawah ini.

Desain Minimalis Rumah Type 21

Contoh Desain Rumah type 21

Contoh rumah luas 21 meter persegi
Contoh rumah luas 21 meter persegi

Rasanya kurang lengkap apabila membahas tentang type rumah ini tanpa melihat desain rumahnya sendiri. Supaya Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaimana rumah Anda ke depannya, Anda bisa melihat gambar di atas. Pada fasad rumah type 21 di atas menggunakan warna hijau, abu-abu, dan pintu berwarna putih. Untuk desain atapnya dibuat berbeda ketinggian dan menggunakan atap dengan warna abu-abu gelap. Pada warna tembok kamar dan dekat pintu masuk menggunakan warna abu-abu yang lebih terang. Ketiga kombinasi warna ini terlihat serasi. Di depan pintu masuk tersedia jalan untuk parkir mobil kecil. Apabila memang Anda berencana menggunakan desain di atas, maka disarankan untuk jangan membeli mobil yang ukurannya terlalu besar.

Penataan ruangan dengan 1 kamar tidur

Interior rumah minimalis 21 meter persegi
Interior rumah minimalis 21 meter persegi

Karena ukuran rumah yang tidak terlalu luas, maka penataan ruang dalam rumah dengan type ini harus seefisien mungkin. Apabila Anda berencana untuk membuat yang 1 lantai bisa menggunakan penataan di atas. Jadi dalam rumah akan ada 1 ruang kamar tidur, 1 ruang tamu dan dapur, dan 1 kamar mandi. Ruang tamu dan dapur dijadikan satu jadi terkesan lebih luas. Supaya ruang tidur tidak lembab, pastikan pencahayaan bisa masuk, jadi dibuat 1 jendela. Begitu pula dengan ruang tamu dan kamar mandi disediakan jendela sehingga cahaya dari luar bisa masuk dan ruangan tidak lembab. Karena ruangan yang lembab itu bisa menjadi sarang penyakit.

Denah rumah type 21 dengan ruang tamu terpisah

Denah rumah kecil
Denah rumah kecil

Apabila Anda kurang senang apabila ruang tamu dan ruang dapur dijadikan satu maka bisa menggunakan desain alternatif di atas. Di mana memang ukuran ruang tamunya lebih kecil tetapi lebih bersih, karena terpisah dari ruang dapur. Terserah Anda mau menggunakan desain yang mana. Pada ruang tamu untuk menghindari kesan sempit, bisa gunakan warna ungu, dan tambahkan beberapa aksesoris pada tembok ruang tamu tersebut. Hindari menempatkan meja, karena memang ruangannya sudah kecil, jadi cukup tempatkan 4 sofa kecil yang nyaman. Penerangan di interior ruang tamu harus bagus, dan cahaya matahari harus bisa masuk, untuk menghindari ruangan jadi lembab. Sama seperti yang sudah kami infokan di atas.

Rumah type 21/60 Minimalis

Rumah type 21 60
Rumah type 21 60

Apabila luas lahan Anda 60 meter persegi, maka Anda boleh membuat desain rumah seperti gambar di atas. Memang desainnya seperti rumah minimalis pada umumnya. Hanya mempunyai carport yang cukup besar. Memang lahan depan rumah dimanfaatkan sebaik mungkin. Penggunaan batu alam juga direkomendasikan, sehingga terlihat lebih alami. Untuk pintu bisa menggunakan pintu kayu, dan tembok teras rumah menggunakan warna krem. Tembok kamar depan yang menghadap depan menggunakan warna hijau bawang. Jarak antara lantai dengan plafon ruang tamu tidak terlalu tinggi, untuk kamar dibuat lebih tinggi, supaya Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman.

Ide interior ruang tamu kecil tapi nyaman untuk type 21

Warna ruang tamu
Warna ruang tamu

Tiap ruangan punya aspek yang penting dalam rumah type 21. Salah satu yang memegang peranan besar adalah kamar tidur dan ruang tamu. Sekarang kami akan membahas tentang ruang tamu terlebih dulu. Dalam ruangan ini akan digunakan untuk menerima orang selain yang ada dalam “ekosistem rumah”. Untuk itu harus dibuat sebaik dan senyaman mungkin. Anda dapat menggunakan cat dinding warna putih polos. Untuk plafon juga bisa menggunakan warna yang sama. Karena cat dinding dan plafon putih maka warna sofa jangan terlalu jauh, pilihlah warna abu-abu (Grey). Lagipula sofa warna abu-abu mudah dicari, banyak pabrik yang membuat sofa warna abu-abu, karena memang ini adalah warna favorit.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan warna biru muda, dan berbagai warna yang terang lainnya. Supaya ruangan tidak terlihat kosong berikan lukisan untuk sentuhan dekoratif. Tetapi jangan menggantung lukisan terlalu banyak karena dapat menciptakan kesan sempit ke ruang tamu Anda. Hal tersebut harus dihindari.

Cermin pada koridor

Cermin pada koridor
Cermin pada koridor

Apabila rumah Anda ada koridornya. Sudah bukan rahasia lagi kalau koridornya pasti sempit dan terasa tidak nyaman. Apabila itu yang Anda alami, jangan langsung direnovasi! Tapi Anda bisa memasang cermin ukuran besar. Dengan memanfaatkan cermin maka akan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Sebenarnya cermin ini juga bisa Anda aplikasikan pada ruang-ruang di rumah Anda, seperti kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan lain-lain. Tapi ada beberapa ruang yang tidak membutuhkan cermin seperti ini, misalnya gudang. Justru kalau ada cermin malah akan mengganggu, karena saat Anda hendak mencari suatu barang di gudang akan semakin repot, karena ada bayangan cermin. Kembali membahas tentang koridor yang sempit, selain memasang cermin ukuran besar, pasang juga lampu gantung di cerminnya, 2 sudah cukup karena sudah sangat terang. Letakkan juga meja di depan cermin agar ketika berjalan tidak menabrak cermin.

Ide Denah Rumah 2 lantai type 21

Denah rumah type 21 bertingkat
Denah rumah type 21 bertingkat

Oke, berikutnya untuk Anda yang mau membangun rumah bertingkat tetapi ukuran bangunan 21 meter persegi bisa mencoba menggunakan denah di atas. Kami menyediakan denah untuk lantai 1 dan denah untuk lantai 2. Pada lantai 1 tersedia carport, ruang tamu di dekat pintu masuk, 1 kamar tidur yang menghadap teras rumah dan taman, 1 dapur, 1 kamar mandi, 1 toilet kecil, ruang makan yang menyatu dengan ruang bersantai, dan ruang untuk gudang di sebelah toilet kecil. Pada bagian depan dan belakang ada kebun depan rumah dan pekarangan belakang yang hijau dipenuhi tanaman, agar rumah Anda menjadi asri dan nyaman.

Kamar tidur utama ada di lantai kedua, dan pada kamar tidur utama ada kamar mandi pribadi. Sehingga apabila mau mandi tidak perlu keluar kamar. Di dekat bagian depan rumah ditempatkan 1 ruang bersantai, dan pada bagian luarnya disediakan teras kecil lantai 2. Jadi Anda bisa bersantai di sini sembari melihat depan rumah, dan melihat ke bawah. Apabila ada tamu, Anda bisa melihat siapa yang datang dan mengebel pagar rumah, dilihat dari lantai 2, baru setelahnya turun ke lantai 1 untuk melihat siapa yang datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *