Atap biru modern

Desain Rumah Minimalis Type 36 yang Nyaman

Jika anda berencana untuk menerapkan desain minimalis pada rumah type 36, tentunya selain berfokus pada desain fisik rumah tersebut, anda perlu memperhatikan sirkulasi udara, komposisi warna, taman, serta elemen lainnya agar rumah anda nyaman untuk ditempati.

Gaya rumah minimalis sekarang ini memang banyak diminati. Bagaimana tidak?

Rumah minimalis itu desainnya simpel, dan juga mudah diaplikasikan di rumah dengan type kecil, termasuk luas bangunan sebesar 36 meter persegi. Memang konsep desain ini merupakan desain favorit banyak orang, terutama untuk pasangan yang baru menikah dan kaum millennial.

Berikut akan saya coba untuk menghadirkan beberapa contoh desain rumah type 36 terbaru dengan konsep minimalis yang sudah di seleksi, semuanya simpel, tetapi tetap terlihat menarik.

Semoga desain yang saya sajikan bisa anda jadikan sebagai inspirasi atau acuan model rumah anda ke depannya.

Ide dan Inspirasi Desain Rumah Type 36 yang Minimalis dan Modern

1. Rumah asri type 36 nyaman

Pada desain pertama ini Anda bisa melihat tampak depan rumah yang begitu asri. Itu karena pepohonan dan rumput jepang, yang ditanam di kebun depan rumah.

Walaupun tanpa menggunakan pagar, tetapi banyak juga yang menggunakan desain rumah seperti ini. Apabila memang di daerah tempat tinggal Anda itu kurang aman, maka Anda bisa menambahkan pagar juga.

Supaya lebih sesuai, Anda bisa melihat material yang digunakan yakni batu alam. Anda bisa mengaplikasikan batu alam pada dinding rumah dan sisi teras rumah.

Selain itu di sekeliling taman juga memakai batu alam. Ditambah dengan model atap limas semakin meningkatkan keindahan rumah ini, rumah pun jadi terlihat lebih elegan.

Desain asri ini sangat cocok untuk Anda terapkan di daerah Indonesia yang beriklim tropis.

Hunian berkonsep asri minimalis type 36
Hunian berkonsep asri minimalis type 36

2. Rumah minimalis dengan parkiran mobil

Jaman sekarang rata-rata pasti sudah punya mobil. Atau walaupun belum punya sekarang, pasti ke depannya ada rencana untuk membeli mobil jika anda punya rejeki lebih.

Karena itu apabila memang Anda berniat membangun sebuah rumah baru dengan type minimalis 36, kami sarankan sediakan tempat parkiran mobil.

Untuk menghemat tempat dan bisa menambah ruang, sebaiknya gunakan desain tempat parkiran mobil outdoor (Luar ruangan) seperti di contoh di bawah ini.

Walaupun terlihat sederhana, tetapi sangat nyaman. Ditambah kebun kecil di depan rumah membuat rumah terlihat sangat cantik. Sediakan juga teras rumah kecil untuk variasi agar tampak depan rumah tidak terlihat membosankan.

Desain rumah type 36 dengan parkiran mobil
Desain rumah type 36 dengan parkiran mobil

3. Desain warna biru

Dalam membuat sebuah desain rumah jangan takut-takut. Anda harus berani mencoba sesuatu yang baru dan keluar dari desain mainstream. Nah salah satu contoh yang dapat Anda coba seperti yang kami sertakan di bawah ini. Jadi menggunakan rumah yang warna catnya lebih dominan ke warna biru.

Walaupun jarang yang menggunakan warna cat biru ini, tetapi ternyata hasil akhirnya bagus juga!

Dengan desain yang bagus seperti ini, kami percaya bahwa harga jual rumah pun akan meningkat. Apalagi jika rumah Anda itu lokasinya strategis. Warna dominan biru bukan berarti seluruh elemen rumah dicat warna biru, tetapi hanya bagian-bagian tertentu saja.

Contohnya warna genteng, warna penyangga teras rumah, dan warna tembok kamar depan. Sementara itu perpaduan warna yang lain yang dapat Anda gunakan, yang cocok dengan warna biru, antara lain: Warna putih, abu-abu, dan coklat.

Jangan lupa menanam beberapa tanaman hijau di depan teras rumah agar rumah terlihat asri menawan.

Atap biru modern
Rumah Modern Dengan Dominasi Biru

4.  Desain Rumah type 36 Simpel

Jangan salah! Siapa bilang desain yang simpel itu selalu tidak menarik? Untuk contohnya Anda bisa lihat pada desain yang kami sediakan ini. Selain itu rumah ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga sirkulasi udaranya bagus.

Pada bagian depan rumah juga sudah disediakan 2 jendela yang dapat dibuka tutup. Untuk warna temboknya menggunakan warna krem dan putih.

Warna kalem seperti krem dan putih selain dapat berpadu sempurna, juga akan memberikan kesan tenang. Jangan lupa tambahkan penerangan pada bagian depan rumah, 2 lampu sudah cukup, jangan terlalu banyak supaya hemat biaya listrik.

Rumah Type 36 Dengan Desain Simplistik
Rumah Type 36 Dengan Desain Simplistik

5. Rumah luas 36 meter persegi dengan carport dan pagar

Apabila Anda kurang senang dengan rumah minimalis yang tidak memiliki pagar karena dianggap kurang aman, seperti misalnya jika lokasi tempat tinggal Anda bukan di perumahan, maka memang sebaiknya menggunakan pengaman seperti pagar rumah.

Luas tanah yang dibutuhkan apabila Anda hendak menggunakan desain seperti di bawah ini adalah 60 meter persegi. Untuk luas bangunannya 36, jadi rumah tipe 36 sederhana ini memungkinkan Anda untuk memiliki tempat parkir mobil dan sepeda motor yang cukup luas.

Pada bagian depan rumah Anda bisa memasang pagar besi dorong, yang tidak memakan tempat. Kalau mau dibuka cukup ditarik ke samping, bukan didorong ke depan.

Model pagar besi seperti ini juga minimalis, jadi cocok dengan desain fasad rumah Anda. Gunakan kombinasi batu alam untuk aksesoris fasad rumah. Warna tembok bisa menggunakan kombinasi warna putih, krem, dan beberapa warna yang tidak terlalu mencolok lainnya.

Apabila Anda adalah seorang developer perumahan, juga boleh menggunakan ide desain seperti ini, dijamin harga jualnya tinggi karena memang sesuai dengan keinginan masyarakat modern sekarang ini.

Rumah type 36 dengan carport dan pagar
Rumah type 36 dengan carport dan pagar

6. Contoh layout penataan ruangan

Oke, tidak lupa akan kita bahas tentang bagaimana menata penataan ruangan dalam rumah type 36. Walaupun ukuran rumah tidak terlalu besar, tetapi dengan pengaturan layout yang efisien maka Anda bisa mempunyai beberapa ruangan yang cocok untuk keluarga kecil. Bahkan Anda bisa menyediakan ruangan kamar tidur tamu juga.

Anda dapat melihat pada planning yang dibuat, ada space untuk 2 kamar tidur, kamar mandi berukuran kecil, carport outdoor, taman depan rumah, taman belakang rumah, dapur outdoor, ruang tamu dan ruang makan yang jadi satu.

Tidak masalah apabila ruang makan dan ruang tamu dijadikan satu, yang pasti ruang tamu jangan dijadikan satu dengan dapur, harus berbeda ruangan, karena jika tidak nanti ketika memasak baunya bisa kemana-mana.

Bisa-bisa nanti sofa dan furniture di ruang tamu Anda jadi bau masakan, yang bisa membuat ruang tamu jadi tidak nyaman.

Pada contoh sketsa planning rumah minimalis di bawah, untuk ruang dapur bisa dibuat outdoor, jadi menghemat tempat. Memasak di dekat kebun belakang rumah tentu mengasyikkan.

Jangan salah! Banyak rumah modern di luar negeri yang sudah menggunakan dapur seperti ini. Bahkan rumah yang menggunakan konsep ini adalah rumah mewah, bukan rumah minimalis. Jadi mengapa tidak coba diaplikasikan saja ke rumah type 36 milik Anda?

Denah layout rumah minimalis type 36
Denah layout rumah minimalis type 36

CONCLUSION

Setelah membaca sedikit tulisan di atas, kami harapkan anda sudah memiliki sedikit gambaran model dan desain seperti apa yang ingin anda terapkan.

Mungkin anda bertanya, sebaiknya beli rumah modern minimalis type 36 atau bangun sendiri?

Pertanyaan ini sudah sering kami dengar. Tentunya untuk menjawab ini kembali lagi ke kondisi finansial Anda. Apabila memang mencukupi, tidak masalah beli yang sudah jadi. Tetapi kelemahannya desainnya itu Anda terima jadi, tidak bisa disesuaikan preference / selera Anda masing-masing. Kecuali Anda renovasi dan hal tersebut sebaiknya dihindari karena nanti menghabiskan anggaran lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *