Rumah Model minimalis

6 Desain Rumah Minimalis Type 60 Terbaru untuk Hunian Super Nyaman

Ada alasan mengapa sebaiknya memilih desain rumah seluas 60 meter persegi. Ukuran rumah yang satu ini termasuk tengah-tengah, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Walaupun begitu rumah yang satu ini termasuk nyaman untuk dijadikan “Home sweet home”. Bahkan dapat dibilang bahwa ini termasuk hunian yang nyaman dan ideal untuk keluarga.

Pada kesempatan postingan kali ini kami akan membagikan beberapa contoh desain rumah tipe 60 sederhana dan terlihat modern minimalis, dijamin Anda menyukainya. Jangan sampai kehabisan ide! Silakan dilihat langsung berbagai ide desain terbarunya.

Model dan Denah Rumah Type 60 Dengan Desain Minimalis

Desain rumah cat merah luas 60 meter persegi

Rumah cat merah type 60
Rumah cat merah type 60

Pada gambar rumah type 60 di atas Anda bisa melihat bagaimana arsitek memanfaatkan sisi depan rumah dengan maksimal. Untuk contoh di atas sangat cocok apabila Anda tidak membangun rumah di lahan yang luas. Anda bisa membuat kebun berukuran kecil. Gunakan kombinasi batu alam di teras rumah dan tambahkan tembok yang bercat merah. Jadi jika dilihat tampak depan akan sangat serasi. Ada atap di teras rumah, ini akan berguna saat musim hujan tiba. Teras rumah tidak akan terlalu basah, kecuali hujan angin ya. Tapi tahu sendiri kan hujan angin itu jarang terjadi. Jadi memang desain di atas sudah cukup lumayan untuk Anda terapkan. Ada 2 pintu masuk, yang satu pintu masuk samping berukuran lebih kecil. Selain itu juga ada pagar rumah kecil yang dibuat menggunakan tanaman. Jadi memang pagarnya pendek, oleh karena itu model rumah ini cocok untuk rumah yang dibangun di kawasan yang memang aman, contohnya perumahan dengan satu pintu masuk dan pintu keluar, dan dijaga satpam.

Denah rumah type 60 bertingkat nyaman dan efisien

Denah 2 lantai 4 kamar ukuran rumah 60 meter persegi
Denah 2 lantai 4 kamar ukuran rumah 60 meter persegi

Untuk rumah seluas 60 meter persegi Anda bisa mempunyai sampai 3 ruangan untuk kamar tidur. Tetapi ukurannya tentu saja tidak terlalu besar. Karena itu apabila mau mempunyai ukuran kamar yang nyaman dan ideal Anda bisa menggunakan denah di atas. Disarankan untuk Anda supaya mendesain rumah dengan 2 kamar tidur, jangan lebih dari itu. Pada desain di atas Anda dapat melihat jika di lantai 1 dibangun 2 – 3 kamar tidur. Anda pun bisa mempunyai ruangan yang cukup leluasa dan pastinya lebih nyaman dibandingkan ruangan yang sempit. Tak hanya ruang dapur dan kamar mandi saja, tetapi Anda pun dapat mempunyai ruang yang lain seperti ruang tamu dan ruang makan. Juga area halaman, area mencuci, dan carport di bagian depan rumah di lantai 1 pastinya.

Cat rumah warna hijau yang terlihat asri

Cat rumah warna hijau
Cat rumah warna hijau

Berikutnya pembahasan tentang warna cat rumah. Ini ada contoh yang menarik, di mana masih jarang yang memakai warna cat ini, tidak lain adalah warna cat hijau. Tetapi seperti yang Anda lihat di atas bahwa tidak semuanya menggunakan warna hijau, hanya sebagian saja. Justru apabila Anda menggunakan warna hijau terlalu banyak di fasad rumah, akan terlihat aneh dan kurang menarik. Perpaduan warnanya bisa menggunakan warna putih dan abu-abu terang. Tambahkan rumput hijau di depan rumah agar serasi dengan warna hijau pada bagian depan rumah type 60 milik Anda. Untuk bagian carport, di tengahnya sediakan tempat untuk menanam rumput. Jadi ada warna hijau juga di sisi kiri dan kanan rumah, tidak hanya pada tembok rumahnya saja. Untuk pagarnya bisa menggunakan pagar tanaman, jadi terlihat beberapa kombinasi warna hijau yang membuat rumah terlihat lebih asri dan berbeda dari yang lain.

Model minimalis

Rumah Model minimalis
Rumah Model minimalis

Berikutnya ini adalah model minimalis yang dapat Anda terapkan untuk rumah type 76. Menggunakan atap berwarna abu-abu, pintu yang berdesain modern, jendela menghadap taman dilengkapi dengan korden. Pada pintu masuk di sebelahnya juga disediakan 1 jendela. Begitu pula di sisi samping rumah juga tidak lupa dibuatkan 2 jendela. Karena memang kehadiran jendela itu sangat penting, supaya cahaya matahari bisa masuk dan menghindari kondisi lembab dalam rumah. Tetapi ada tambahan yang cukup unik berdasarkan sketsa di atas, di mana dipasang 2 jendela ukuran besar di atas teras rumah. Ingat bahwa desain di atas itu bukanlah rumah bertingkat. Karena itu ukuran plafon di ruang tamu dekat pintu masuk dibuat lebih tinggi, sehingga dari depan akan tampak menarik. Tidak lupa ada tambahan berbagai tanaman hijau di depan teras rumah, dan sebuah carport outdoor.

Ide desain fasad rumah type 60

Ide desain fasad rumah type 60
Ide desain fasad rumah type 60

Oke berikutnya ada contoh bagaimana mendesain fasad rumah type 60 dengan cukup unik tetapi tetap terlihat indah. Anda bisa menggunakan perpaduan seperti di atas, di bagian atas teras rumah dipasang batu alam untuk membuat kesan alami, dan dibuat ukiran kayu di bawahnya. Pada tiang teras rumah juga dipasang 2 buah lampu tempel yang berdesain modern. Jendela kamar yang menghadap keluar rumah menggunakan kusen kayu. Jadi memang apabila dilihat lebih seksama maka desain di atas itu lebih ke arah kombinasi antara unsur modern dan tradisional. Walaupun sulit untuk diaplikasikan biasanya, tetapi desain di atas terbukti mampu membuktikan sebaliknya.

Ukuran carport di desain tersebut tidak terlalu besar. Tetapi tidak masalah, karena mobil ukuran sedang bisa masuk. Selain itu Anda jadi punya teras rumah yang lebih panjang sedikit. Bagian taman depan rumah juga dibuat kecil, jadi spacenya bisa digunakan untuk membuat kamar yang berukuran lebih besar dan ideal.

Rumah dengan atap lurus

Rumah type enam puluh tanpa atap tetapi tetap terlihat stylish dan modern
Rumah type enam puluh tanpa atap tetapi tetap terlihat stylish dan modern

Saat melihat tampak depan rumah atau yang biasa disebut fasad, maka seringkali Anda berpikir bahwa design itu Cuma terkait masalah dinding rumah. Apakah memang seperti itu? Hal ini tak sepenuhnya benar. Anda harus mengetahui jika selain elemen dinding, ternyata fasad tempat tinggal itu juga bisa dibentuk dari elemen atap rumah. Jadi permainan mendesain rumah sekarang lebih fokus ke desain atap rumah. Dengan susunan yang tepat maka fasad rumah akan terlihat seperti bingkai yang manis. Harga jual rumah pun akan meningkat. Dan orang lain yang melihat rumah Anda akan terkagum-kagum, termasuk tamu yang berkunjung ke rumah. Karena memang yang pertama kali akan dilihat orang adalah fasad rumah.

Pada contoh di atas Anda bisa melihat penggunaan atap datar. Dengan menggunakan model atap seperti itu maka rumah minimalis type 60 milik Anda akan terlihat lebih bagus dan terkesan modern, dibandingkan dengan menggunakan atap miring. Walaupun simpel tetapi kreatif! Tambahkan kursi di teras rumah untuk tempat bersantai sekaligus mempercantik fasad rumah. Selain itu Anda bisa meninggikan teras rumah. Dengan begitu ketika jalanan banjir, misalkan pada saat hujan deras, air tidak akan masuk ke dalam rumah. Hanya untuk berjaga-jaga saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *