Rumah type 54 bertingkat

Desain Rumah Type 54 Denah dan Desain Terbaik

Rumah dengan luasan 54 meter persegi ini apakah bisa menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman? Jawabannya pasti bisa. Lagipula dibilang kecil-kecil sekali juga tidak, masih ada kok type rumah yang lebih kecil dari ini, contohnya type 21, 36, 30, dan 45.

Ke depannya apabila Anda merasa bahwa rumah ini ukurannya terlalu kecil Anda bisa merenovasinya menjadi rumah dengan type yang lebih besar, yang penting lahan Anda masih cukup.

Inspirasi dan Desain Rumah Type 54

Denah rumah 2 kamar dengan tipe 54

Berikut gambaran denah yang dapat Anda manfaatkan sebelum memutuskan membuat rumah dengan ukuran 54 meter persegi impian. Di denah ini tersedia carport yang cukup panjang. Ada halaman depan dan halaman belakang, Anda dapat melakukan hobi bercocok tanam di taman tersebut sekaligus mengajarkan anak-anak berkebun. Dari teras masuk langsung ke ruang tamu. Dengan ukuran denah seperti di atas, Anda bisa membuat 3 ruang kamar tidur. Jadi salah satu ruang tidur bisa digunakan untuk menjadi kamar tidur tamu yang menginap. Pada saat Lebaran Anda pasti membutuhkannya. Antara ruang makan dan ruang tamu tidak ada tembok pembatas, jadi langsung terhubung. Dan di tengah-tengahnya terdapat ruang dapur yang ukurannya tidak terlalu besar. Untuk toilet ukurannya juga lebih kecil dari dapur, tetapi masih bisa digunakan.

Denah Rumah type 54 dengan 2 kamar
Denah Rumah type 54 dengan 2 kamar

Contoh type 54 1 lantai Model terbaru

Apabila Anda ingin melihat bagaimana model terbaru dari rumah dengan luas 54 meter persegi, bisa coba lihat gambar di atas. Itu adalah foto terbaru rumah yang dijual di kawasan Sidokerto Purwomartani. Rumah yang berdesain ramping ini harganya 560 jutaan. Nah Anda bisa mencoba meniru desainnya atau memodifikasinya sesuai kebutuhan Anda. Fasad rumah tersebut terlihat sangat menawan, dengan menggunakan pagar minimalis modern berwarna putih. Ditambah carport yang dibuat miring. Dengan begitu tinggi rumah dengan tinggi jalan ada jaraknya, berguna untuk menghindari banjir. Fengshui juga mengatakan kalau tinggi rumah itu harus lebih tinggi dari jalan. Rumah ini adalah rumah 1 lantai tetapi terlihat cukup luas. Itu karena teras rumah yang lumayan memanjang, jarak antara tiang penyangga teras rumah cukup jauh, itu yang menyebabkan kesan luas apabila dilihat dari luar rumah.

Luas tanah dari bangunan seharga 560 jutaan di atas adalah 96 meter persegi. Dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 lantai. Juga tersedia sumur, jadi tidak perlu berlangganan PDAM. Anda juga bisa membangun sumur sendiri di rumah Anda ke depannya.

Rumah 54 meter persegi baru
Rumah 54 meter persegi baru

Rumah bertingkat type 54 di Perumahan

Nah apabila Anda kurang suka dengan model rumah yang membosankan dan itu-itu saja. Maka mengapa tidak mencoba model rumah seperti desain di atas? Anda bisa melihat bahwa rumah di atas itu tidak memerlukan lahan yang terlalu luas, tetapi agar ukuran rumah tidak sempit maka diakali dengan membangun 2 lantai.

Pada lantai 2, Anda bisa melihat bahwa plafon teras rumah dijadikan lantai untuk kamar yang ada di level 2. Dengan begitu ukuran kamar pun bisa lebih luas. Bagian depan rumah juga terlihat modern, walaupun menggunakan atap miring bukan atap yang lurus. Tetapi dengan menggunakan atap model seperti di atas maka jarak plafon ke lantai bisa lebih tinggi, dan bisa digunakan untuk membuat ruangan yang lebih luas dan nyaman. Luas tanah dari bangunan di atas hanya 76 meter persegi saja. Tetapi hunian nyaman bukan impian lagi dengan menggunakan desain tersebut.

Rumah type 54 bertingkat
Rumah type 54 bertingkat

Denah rumah type 54 dengan kamar tidur utama dan kamar tidur anak

Apabila Anda ingin kamar tidur orang tua dengan anak dipisah, maka Anda bisa mencoba denah di atas. Dengan kamar tidur anak sendiri maka anak pun bisa lebih mandiri. Tetapi kamar utama dan kamar anak dibuat berseberangan, dan langsung nyambung ke ruang makan. Dengan begitu ketika makanan sudah siap dihidangkan, untuk memanggil anak makan gampang, tinggal teriak pasti kedengaran, karena memang jarak ruang makan dan kamar anak itu dekat hanya dibatasi oleh tembok. Antara ruang santai, ruang makan, dan ruang tamu utama tidak dibatasi tembok, hanya diberi jarak saja untuk menghemat space.

Denah rumah type 54 dengan kamar anak dan kamar tidur utama
Denah rumah type 54 dengan kamar anak dan kamar tidur utama

Untuk dapur sendiri tidak berukuran besar, jadi apa adanya, dan dibuat menjadi 1 ruang dengan ruang makan. Ini juga untuk menghemat tempat, sehingga Anda pun tidak perlu membuat tambahan ruangan untuk dapur. Sisa space bisa untuk membuat kamar tidur utama dan kamar tidur anak dengan ukuran yang lebih besar dan lebih ideal. Karena kamar tidur yang sempit itu tidak nyaman.

Interior kamar tidur nyaman

Interior kamar tidur di rumah luas 54 meter persegi
Interior kamar tidur di rumah luas 54 meter persegi

Berikutnya pembahasan tentang interior kamar tidur. Apabila ruang kamar tidur sempit maka Anda bisa menggunakan warna cat tembok seperti di atas. Ditambah dengan meja, kursi, dan beberapa aksesoris di tembok. Plafon dibuat sedikit model agak masuk, dengan begitu ruangan pun terasa lebih luas. Penggunaan warna cat yang dipilih adalah putih dan hijau muda. Kedua warna ini bisa menyatu dengan sempurna. Tentu saja warna furniture juga menyesuaikan. Tambahkan beberapa lampu gantung di ranjang dan meja kecil di tepian ranjang. Jadi Anda bisa membaca buku sembari bersantai tiduran di ranjang ketika malam hari. Melakukan ini ternyata tidak hanya bisa menambah ilmu, tetapi juga bisa menghilangkan stress. Konsep desain interior seperti di atas membuat kamar Anda layaknya kamar di hotel, nyaman sekali walaupun desainnya sederhana tidak neko-neko.

Model atap untuk rumah minimalis type 54

Atap miring
Atap miring

Mau rumah Anda terlihat minimalis dan modern? Coba deh membuat rumah dengan model seperti gambar tiga dimensi di atas. Warna tembok depan rumah abu-abu, hijau, dan pasang banyak jendela. Juga buat lubang ventilasi berukuran lebih kecil vertikal di atas masing-masing jendela besar yang menghadap ke depan. Untuk lampu di ruang tamu pilih lampu kuning, jadi saat malam hari, akan terlihat warna kuning menyala di depan rumah. Rumah pun jadi terasa lebih hangat. Atapnya dibuat model atap miring, jangan lupa pasang saluran air juga. Sementara itu di sebelah timur rumah, buat atap yang horizontal. Walaupun rumah 1 lantai tetapi akan terasa besar karena jarak antara plafon dengan lantai jadi lumayan tinggi berkat atap miring tersebut. Sementara ruangan yang menggunakan atap datar di sebelah timur itu, bisa ruang yang tidak perlu luas terlalu besar, contohnya dapur, kamar tidur anak, atau mungkin kamar mandi. Terserah Anda.

Pada tiang penyangga gunakan batu alam berwarna abu-abu. Tiang penyangga cukup satu saja, karena plafon teras rumah tidak terlalu besar, jadi beban tidak terlalu berat. Satu tiang penyangga saja sudah cukup aman. Jangan lupa carportnya, walaupun memang untuk mobil besar kurang cocok, jadi beli mobil kecil saja agar bisa masuk ke carport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *