Ruang Keluarga Desain Naturalis

Inspirasi Desain Ruang Keluarga

Mendesain rumah dan isinya sangat penting supaya orang ketika melihatnya akan kagum dan suka dengan kondisi rumah kita yang rapi. Terutama untuk desain bagian ruangan keluarga yang biasa dibuat untuk kegiatan kita dan anak-anak. Ruang keluarga yang dibuat senyaman mungkin membuat orang-orang yang dirumah pasti tidak akan suka keluar rumah, sebab dirumah saja sudah cukup menyenangkan.

Ada banyak sekali yang harus diperhatikan agar rumah menjadi nampak mewah meskipun kecil dan sederhana.

Pengaturan item atau perabotan seperti sofa, meja, karpet sangat perlu diperhatikan. Warna ruangan juga harus dibuat selembut mungkin, sebab kalau warnanya sangat mencolok bisa membuat ruangan tersebut menjadi tidak nyaman dipandang.

Mendesain ruang makan sekaligus ruang keluarga juga perlu pengetahuan dan pengalaman khusus, kalau hanya asal-asalan pasti semua orang juga bisa. Nah, ada banyak sekali inspirasi gambar yang bertebaran di internet yang mungkin akan menambah pengalaman anda untuk mendesain ruang-ruang rumah anda.

Mungkin anda bisa membuat ruangan keluarga dengan desain lesehan atau jika tak mau bisa mebuatnya menjadi bentuk dengan sofa dan tv disana. Ya, selera masing-masing orang sangat berbeda-beda dan pastinya desain rumah membutuhkan biaya juga.

Ratusan bahkan ribuan contoh desain yang bakalan membuat anda makin bingung mau pilih yang mana. Karena saya pun juga begitu.

Mungkin beberapa hasil penelusuran saya di bawah ini bisa menggelitik inspirasi anda untuk mulai mendesain ruang keluarga.

Contoh Desain Ruang Keluarga

1. Ruang Keluarga Dengan Pemandangan Outdoor

Ruang Keluarga Terbuka Dengan Pemandangan Outdoor
Ruang Keluarga Dengan Pemandangan Outdoor

Ruangan untuk keluarga dengan pemandangan luar yang sejuk oleh taman yang berada dalam ruangan sangat sesuai dengan orang yang kalem dan tenang.

Menariknya anda bisa menempatkan sofa dan menyediakan TV LCD untuk keluarga. Dan tentunya akan lebih menarik jika sekat antara batas ruangan keluarga dan taman menggunakan kaca.

Kalaupun anda tidak ingin menggunakan sekat, anda perlu mempertimbangkan drainase limpasan air huan dengan memperbesar kapasitas talang air misalnya, supaya percikan air hujan tidak melimpas dan masuk ke dalam ruang keluarga anda.

Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan komposisi warna ruang keluarga anda. Jangan sampai warna dinding dan perabot saling sikut dengan warna taman anda. Mungkin pemilihan warna putih adalah pilihan yang paling aman dan netral yang bisa anda gunakan.

2. Ruang Keluarga Dengan Model Naturalis

Ruang Keluarga Desain Naturalis
Ruang Keluarga Desain Naturalis

Model naturalis nan minimalis cukup banyak digemari, karena dengan space terbatas anda tetap bisa mendapatkan kesan alami yang tentunya bisa membuat anda rileks dan nyaman.

Nah, untuk desain sendiri anda bisa memilih gaya modern ala Korea. Ada sofa, TV, dan lemari kecil untuk mempercantik ruangan keluarga anda.

Tempatkan juga bunga-bunga kecil agar warna menjadi lebih segar dan tidak panas. Semua bergantung dari awal anda mendesain rumah, jika ruangannya dibikin terbuka pastikan untuk terbuka antara dapur atau ruangan yang lainnya. Untuk lebih menarik lagi anda bisa membuat ruangan terbuka dengan kolam renang atau taman didalam rumah.

3. Ruangan Keluarga Menyatu Dengan Ruang Lain

Ruangan Keluarga yang Menyatu Dengan Dapur
Ruangan Keluarga yang Menyatu Dengan Dapur

Dapur yang biasanya dibuat tertutup dengan ruangan yang lainnya kini bisa anda modifikasi menyatu bersama dengan ruangan keluarga maupun ruangan lainnya. 

Hal ini tentunya sangat ideal kalau anda ingin ruangan anda terlihat lebih luas.

Namun perlu diingat kalau anda menggunakan konsep ini, anda perlu menambahkan cooker hood di atas area kompor supaya ketika anda memasak, asap masakan tidak mengganggu keluarga yang sedang bersantai di ruangan keluarga.

4. Ruang Keluarga Desain Memanjang Dengan Natural Light

Desain Ruang Keluarga Memanjang
Desain Ruang Keluarga Memanjang

Ruangan yang memanjang biasanya membutuhkan jendela yang banyak agar intensitas cahaya mencukupi. Bagaimana kalau ruangan tersebut sudah tidak memungkinkan untuk ditambah jendela?

Tentunya anda bisa menambahkan Sunroof agar cahaya natural bisa masuk ke ruang keluarga anda. Gunakan kaca ribbon 20 – 40% untuk menghindari terik cahaya matahari di siang hari.

Pemilihan nuansa warna yang berwarna putih akan membuat ruang keluarga anda terlihat lebih bersih dan mewah dibandingkan dengan warna yang lainnya. 

5. Desain Ruang Keluarga di Bawah Tangga

Ruang Keluarga di bawah tangga
Ruang Keluarga di bawah tangga

Area di bawah tangga sering kali dimanfaatkan sebagai janitory atau bahkan tidak dimanfaatkan sama sekali. Hal tersebut tentu tidak masalah jika space rumah anda cukup luas.

Bagaimana kalau space rumah anda terbatas?

Terlepas dari space yang anda miliki, area di bawah tangga bisa anda manfaatkan sebagai ruang keluarga seperti pada gambar di atas.

Dengan konsep lesehan nan minimalistik, anda cukup menempatkan televisi, karpet, dan variasi ornamen membuat kegiatan anda bersama keluarga lebih nyaman dan santai.

6. Ruang Keluarga Dengan Taman Indoor

Desain Natural Ruang Keluarga
Desain Natural Ruang Keluarga

Kesan natural nan mewah dari sebuah ruang keluarga terlihat dari foto di atas. Ruang keluarga yang menyatu dengan taman tanpa sekat tentunya akan lebih memberi kesan natural pada ruangan tersebut.

Supaya tanaman tetap segar dan ruangan tidak gelap dan lembab, tentunya kita perlu memikirkan akses cahaya ke ruangan tersebut. Anda bisa menggunakan kaca ribbon untuk mengakomodir hal tersebut.

Selain atap kaca, anda juga bisa menggunakan atap policarbonate transparan sebagai alternatif yang lebih ramah biaya tentunya.

Untuk plafon dan lantai, anda bisa menggunakan kayu lambersiring atau parquet yang menonjolkan motif kayu. Atau kalau anda ingin lebih murah, papan atau plywood yang di vernis bisa menjadi pilihan alternatif.

Kalau anda menggunakan papan atau plywood, kerapihan vernis dan pemasangan perlu anda perhatikan supaya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Ruang Keluarga Smart

Desain Natural Ruang Keluarga
Desain Natural Ruang Keluarga

Mempunyai anggota keluarga yang cerdas adalah impian kita semua. Oleh karena itu, mungkin satu langkah kecil bisa dimulai dari Ruang Keluarga anda.

Bosan dengan ruang keluarga yang hanya begitu saja anda bisa mencoba desain yang cukup menarik tersebut. Memiliki pencahayaan cukup dari luar dengan ukuran luas kurang lebih 5×5 meter anda bisa membuatnya indah seperti pada gambar dengan isi di dalamnya sofa, meja, dan beberapa hiasan dinding yang lainnya. Jika tidak cukup untuk anda, bisa menambahkan aquarium yang akan mempercantik ruangan keluarga anda.

8. Ruang Keluarga Mewah

Desain Mewah dan Elegan
Desain Mewah dan Elegan

Mendengar kata mewah pasti akan terasa wow dibenak kita. Ya memang membuat desain yang mewah untuk ruang keluarga memang perlu agar anak-anak betah dirumah. Seni yang bagus untuk desain ruangan mewah biasa diusung oleh orang-orang eropa dan amerika.

Jika anda ingin mendapatkan hasil ruang keluarga seperti foto di atas, anda bisa memesan dari bengkel furniture ataupun meubel yang biasa bekerja dengan HPL.

Untuk dinding pesanlah HPL bermotif kayu dengan warna coklat tua, sedangkan untuk meja pesan HPL dengan warna yang senada dengan lantai anda.

Selanjutnya hias area HPL dinding dengan lampu LED dan tambahkan lampu downlight di plafon anda.

Terakhir, baru anda sesuaikan sofa, karpet dan ornamen penghias agar senada dengan HPL dan pencahayaan ruang tersebut.

9. Ruang Keluarga Minimalis

Ruang Keluarga dengan Ruang Terbatas
Ruang Keluarga dengan Ruang Terbatas

Memiliki apartement memah dan megah menjadi salah satu dambaan bagi setiap orang. Tetapi ketika tidak memiliki cukup uang anda bisa meniru saja desain yang di usung pada apartement tersebut. Seperti desain ruang keluarga yang satu ini. Itu terbuka antara jalan menuju keluar dengan ruang keluarganya. Cocok untuk rumah minimalis karena tidak ada cukup lahan. Anda bisa mengusung konsep semacam ini dan kemudian mengisi ruang keluarga dengan apa yang anda butuhkan.

10. Minimalis Desain Ruang Keluarga Terbuka Warna Abu-Abu

Ruang Keluarga Minimalis
Ruang Keluarga Minimalis

Desain rumah minimalis akan membuat semua isi dalam ruang tersebut minimalis seperti ruang keluarga yang satu ini. Ruangannya terbuka dengan jalan menuju kamar tidur yang berada pada pojok bagian rumah. Memang sedikit sempit namun jika penghuni rumah hanya ada 3 atau 4 orang kira-kira sudah pasti cukup untuk membuat desain seperti ini. Anda bisa mengisi ruangan tersebut dengan TV dan membuat lesehan saja karena sofa tidak akan muat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *