Taman Gantung Minimalis Depan Rumah

Inspirasi Desain Taman Depan Rumah Minimalis Tanpa Lahan yang Luas

Taman rumah merupakan suatu hal yang sering di abaikan bagi sebagian orang. Pasalnya beberapa orang menganggap bahwa taman merupakan hal yang tidak terlalu penting. Padahal taman seharusnya menjadi suatu hal terpenting yang harus dimiliki di setiap rumah. Kenapa taman harus dianggap penting untuk dekorasi rumah? Karena selain berfungsi untuk membuat rumah Anda terlihat lebih indah, taman juga berfungsi sebagai penyejuk tempat tinggal Anda.

Namun, dengan adanya lahan yang semakin padat membuat banyak orang tidak sempat atau tidak bisa membuat taman di rumah mereka. Bahkan terkadang meskipun terdapat sedikit lahan, kebanyakan justru di buat sebagai tempat motor, warung, atau bahkan menambahkan bangunan rumah. Untuk itu perlu menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya taman di rumah meskipun hanya berukuran kecil. Sehingga di sini kami akan memberikan beberapa inspirasi desain taman depan rumah yang minimalis. Pastinya akan membuat Anda betah berada di rumah meksipun terletak di perkotaan.

Desain Taman Depan Rumah Minimalis

Apakah Anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk membuat taman di rumah Anda? tidak perlu khawatir karena berikut ini akan kami menjelaskan beberapa inspirasi yang menarik untuk membuat taman di depan rumah Anda yang minimalis. Pastinya tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan Anda masih bisa mempuat taman tanpa lahan sekalipun. Berikut beberapa inspirasi yang dapat Anda coba di rumah Anda.

Living Wall atau Taman Vertikal

Taman Minimalis Living Wall atau Taman Vertikal
Taman Minimalis Living Wall atau Taman Vertikal

Salah satu inspirasi taman yang menarik yaitu dengan menggunakan konsep living wall atau taman vertical. Kenapa taman dengan konsep ini menjadi hal yang menarik? Karena untuk membuat taman ini Anda tidak perlu memerlukan lahan yang luas. Bahkan meskipun Anda tidak mempunyai lahan sekalipun masih dapat membuat taman ini.

Karena jika terdapat dinding kosong di rumah depan rumah Anda maka dapat dijadikan sebagai media untuk membuat taman. Hal yang perlu Anda siapkan adalah kayu atau besi sebagai penyangga tanaman. Setelah itu sediakan pot – pot yang telah berisi tanaman yang Anda miliki, kemudian gantung pot – pot tersebut di penyangga kayu atau besi yang telah Anda sediakan. Agar living wall terlihat lebih lebat maka pilihlah tanaman yang hijau dengan tipe daun yang memanjang.

Taman Gantung

Taman Gantung Minimalis Depan Rumah
Taman Gantung Minimalis Depan Rumah

Selain living wall, terdapat lagi inspirasi taman yang tidak memerlukan lahan. Yaitu konsep taman gantung. Pastinya dari namanya Anda sudah dapat membayangkan bagaimana bentuk dari taman tersebut. Ya, taman tersebut di gantung tanpa memerlukan lahan. Lalu bagaimana cara penerapannya? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggantung pot – pot tanaman di depan rumah Anda. Gunakan pot yang berukuran kecil dan rantai besi sebagai penguat untuk menggantung pot – pot tersebut agar tidak mudah jatuh.

Sedangkan jika Anda mempunyai anak kecil yang aktif bermain di luar rumah, pastikan Anda menaruh pot – pot yang digantung tersebut jauh dari jangkauan mereka. Untuk tanaman yang cocok di tanam di taman ini adalah tanaman tipe bunga dan tanaman herbal. Pastikan memilih tanaman – tanaman ringan agar pot tidak keberatan dan jatuh.

Taman Tempat Bersantai yang Minimalis

Taman Depan Rumah Tempat Bersantai yang Minimalis
Taman Depan Rumah Tempat Bersantai yang Minimalis

Mempunyai taman yang dapat di jadikan tempat beransantai tidak melulu membutuhkan lahan yang luas. Nyatanya dengan lahan yang kecil di depan rumah dapat Anda jadikan juga sebagai taman untuk tempat bersantai loh. Caranya penuhi lahan kecil Anda ddengan berbagai tanaman hias kesukaan Anda, kemudian letakan beberapa kursi kecil untuk tempat beristirahat.

Meskipun lahan kecil, setidaknya dapat mengobati Anda dalam kelelahan setelah beraktivitas. Terutama jika pekerjaan Anda begitu berat, dengan duduk di taman tersebut pastinya Anda bisa menenangkan pikiran Anda. Selain itu, saat berada taman dijamin Anda akan merasa seperti jauh dari perkotaan.

Teras yang Menyatu dengan Taman

Teras Minimalis yang Menyatu dengan Taman
Teras Minimalis yang Menyatu dengan Taman

Tidak ada lagi alasan membuat taman karena tidak mempunyai lahan yang cukup. Nyatanya membuat taman tidak selalu harus berada di area yang terbuka dan luas. Karena Anda juga dapat membuat taman di teras Anda loh. Caranya dengan meletakan pot – pot bunga kesayangan Anda di lantai teras.

Agar terlihat lebih sejuk pastikan Anda memilih tanaman hias yang  berwarna hijau serta pilihlah buga – bunga dengan kelopak bunga yang lebar. Selain itu Anda juga dapat memilih bunga dengan warna kesukaan Anda. Sehingga saat melihat taman minimalis Anda, maka hati dan fikiran Anda dapat menjadi lebih tenang.

Taman Depan Rumah dengan Kolam Ikan

Taman Depan Rumah Minimalis dengan Kolam Ikan
Taman Depan Rumah Minimalis dengan Kolam Ikan

Apakah Anda mempunyai  impian mempunyai taman di rumah dengan kolam ikan? Jika iya, maka salah satu konsep ini sangat cocok untuk Anda tiru. Tidak perlu khawatir karena hanya mempunya lahan yang kecil. Nyatanya kolam ikan minimalis juga dapat Anda buat di depan rumah loh. Lalu bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat kolam dilengkapi dengan air mancur. Kemudian isi kolam tersebut dengan air dan teratai. Jika memungkin untuk membuat pengairan di tempat tersebut maka Anda dapat mengisi kolam kecil tersebut dengan ikan kecil misalnua ikan koi. Setelah kolam sudah jadi, kemudian hiasi sekiling kolam dengan bunga yang warna – warni atau tanaman hias yang bewarna hijau agar terlihat lebih asri. Dengan taman model ini pastinya Anda akan betah berada di rumah dengan memberi makan ikan – ikan.

Taman Air Terjun

Taman Depan Rumah Minimalis dengan Air Terjun
Taman Depan Rumah Minimalis dengan Air Terjun

Selain membuat taman kolam ikan, Anda juga dapat menjadikan taman air terjun di depan rumah sebagai pilihan loh. Karena saat ini sudah banyak tersedia air terjun buatan untuk taman yang mempunyai ukuran yang berbeda – beda. Sehingga dapat Anda sesuaikan dengan lahan yang ada di depan rumah Anda.

Jika ingin membuat taman dengan konsep ini, pastikan air terjun diletakan di sudut taman. Fungsinya adalah agar taman tidak kelihatan terlalu ramai, yang akan membuat taman Anda menjadi terlihat sempit. Untuk lebih seimbang Anda dapat menggunakan bunga – bunga dengan kelopak yang berukuran kecil dengan berbagai warna. Hal tersebut bertujuan agar air terjun tetap terlihat, selain itu Anda dapat tambahkan lampu gemerlap yang akan menghiasai air terjun saat malam hari.

Taman Minimalis Ala Jepang

Taman Minimalis Depan Rumah Ala Jepang
Taman Minimalis Depan Rumah Ala Jepang

Ingin membuat taman dengan konsep Jepang? Pastinya dapat sekali Anda lakukan meskipun dengan lahan yang kecil. bagaimana caranya? Karena Jepang identic dengan rerumputan, bebatuan, bambu, pohon dan semak – semak. Maka Anda dapat menyusun semua elemen tersebut di lahan depan rumah Anda. elemen – elemen yang sangat sederhana mampu membuat taman Anda terlihat lebik klasik. Pastinya tidak akan kehilangan fungsi aslinya yaitu untuk membuat rumah Anda terlihat lebih asri.

CONCLUSION

Itulah beberapa inspirasi desain taman di depan rumah yang minimalis dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Dengan begitu maka tidak ada lagi alasan untuk tidak membuat taman di rumah Anda. Bagaimana, dengan adanya artikel ini apakah sudah membuat Anda tersadar untuk membuat taman? Jika bukan Anda yang memulai maka siapa lagi? Mulailah untuk perduli dengan lingkuang mulai dari sekarang. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu Anda untuk memilih desain taman yang tepat di depan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *