pratayama Featured

5 Tips Praktis Membuat Desain Rumah Minimalis yang Murah dan Mewah

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Karena dengan mempunyai rumah sendiri, ada kebebasan berekspresi yang bisa dilakukan terutama dalam soal desain. Belakangan ini marak rumah berdesain minimalis atau sederhana.

Selain karena biaya yang murah, desain rumah minimalis juga mempunyai unsur artistik yang mengesankan. Meski begitu untuk mempunyai rumah minimalis bukan perkara mudah terutama yang berbiaya murah namun terkesan mewah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan? Apa saja itu? Yuk mari simak!

Rumah Minimalis Murah Dengan Kesan Mewah

Buatlah desain rumah minimalis yang mendetail

Minimalis bukan berarti mengabaikan hal-hal yang rinci. Justru dengan minimalislah kita bisa fokus ke satu hal kala membangun rumah. Buatlah desain rumah minimalis yang mendetail terutama dari sisi estetika atau keindahan.

Keindahan itu terdiri dari warna, material, tekstur, serta tampilan eksterior dan interior.

Pada desain rumah seperti ini Anda bisa juga menambahkan sisi estetika dengan membangun taman kecil atau kolam kecil. Tentu saja untuk melakukannya Anda bisa menyiasati ketersediaan lahan yang ada.

Buatlah desain rumah minimalis dari bahan yang murah

Tentu saja membangun rumah apalagi rumah minimalis membutuhkan biaya yang bisa saja besar meskipun murah. Hal itu karena bahan-bahan yang digunakan sehingga menambah biaya.

Untuk menyiasatinya bisa menggunakan bahan yang murah seperti kayu seperti yang ada pada rumah-rumah tradisional di Indonesia. Tentu saja kayu yang digunakan haruslah kayu jati atau kayu-kayu lain yang anti lapuk dan rayap.

Selektiflah dalam memilih tukang bangunan

Selain harus pintar memilih bahan, kita juga harus pintar memilih tukang bangunan. Karena pemilihan tukang bangunan  juga berkaitan dengan biaya. Apabila kita ceroboh, tentu saja biaya akan semakin membengkak.

Karena itu pilihlah tukang bangunan dengan selektif dan hati-hati.

Manfaatkanlah teman atau saudara yang mempunyai kemampuan membangun rumah atau mintalah kepada teman yang mempunyai tukang bangunan pribadi. Untuk mencari tukang bangunan pun sekarang bisa dilakukan secara online.

Bangunlah secara bertahap

Membangun rumah tentu membutuhkan banyak proses. Bisa cepat atau lama terutama minimalis. Jika punya banyak dana, bangun secara cepat bisa dilakukan.

Akan tetapi sebaliknya, disarankan untuk membangun secara pelan dan bertahap sehingga tidak memaksakan pengeluaran biaya atau ongkos berlebihan.

Maksimalkan ruang yang ada

Ini juga yang harus diperhatikan. Membangun rumah minimalis bukan sekadar memperhatikan tampilan eksterior, tetapi juga interior. Dengan membangun rumah minimalis berarti kita harus pintar-pintar dalam menyiasati desain rumah minimalis.

Caranya adalah jadikanlah interior yang ada sebagai ruang multifungsi.

Misalkan ruang dapur disatukan dengan meja makan atau ruang tamu bisa disatukan dengan ruang tengah, dan dibatasi oleh sebuah rak buku yang didesain dengan artistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *