7 Desain Inspirasi Kamar Mandi Minimalis Modern Image

7 Desain Inspirasi Kamar Mandi Minimalis Modern

Salah satu ruang yang memiliki fungsi penting di dalam rumah adalah kamar mandi. Setiap orang melakukan aktivitas primer yang menjadi kebiasaan sekaligus kebutuhan fisik secara manusiawi, yakni mandi, cuci, dan kakus.

Akan lebih nyaman jika anda memiliki inspirasi kamar mandi minimalis agar dapat diterapkan di ukuran ruang terkecil sekalipun.

Desain bangunan modern kini dibuat dengan memanfaatkan lahan yang sempit namun serbaguna dan nyaman. Termasuk ruang kamar mandi yang harus ada di setiap bangunan.

Kamar mandi sebaiknya dijaga agar tetap bersih, nyaman, steril dan higienis karena rentan terhadap bakteri atau virus penyebab penyakit pada manusia.

7 Inspirasi Desain Kamar Mandi

Kebanyakan orang tentu menginginkan bangunan ruang kamar mandi yang bersih, indah, dan terawat. Mengingat tempat tersebut sangat mudah kotor, berlumut, bau hingga berisiko menimbulkan kuman dan penyakit.

Anda mungkin berpikir bahwa kamar mandi harus memiliki ruang yang luas agar mudah dijaga dengan baik.

Kamar mandi yang luas memang bisa dibersihkan dengan mudah namun membutuhkan waktu cukup lama.

Tetapi tidak ada salahnya jika anda hanya memiliki ruang sempit yang tersisa untuk membangun ruang tersebut. Ada tips menarik tentang inspirasi kamar mandi minimalis yang perlu anda ketahui berikut ini.

Dominasi Warna Putih Dalam Kamar Mandi

Kamar mandi yang sempit cenderung terlihat kurang nyaman saat digunakan. Anda bisa memberikan warna-warna cerah agar kamar mandi tampak lebih hidup dan tidak suram.

Warna putih dominan secara total bisa membuat kamar mandi terlihat lebih luas.Tetapi warna putih cenderung lebih mudah kotor karena akan menampakkan noda sekecil apapun.

Kalau lantai atau dinding kamar mandi terpasang keramik, anda bisa membersihkan kotoran dengan cara memilih pembersih sekali bilas yang khusus untuk porselen atau keramik.

Dinding yang dilapisi cat biasa berwarna putih tidak akan tahan lama terhadap noda sekaligus cipratan air. anda bisa melakukan inovasi dengan menggunakan keramik putih hexagonal dan sedikit perpaduan keramik biasa untuk dindingnya.

Foto Kamar Mandi Dominan Putih
Dominasi Warna Putih di Kamar Mandi

Desain Kayu dengan Nuansa Oriental

Inspirasi kamar mandi minimalis yang terbilang unik dan cukup jarang diterapkan pada banyak bangunan modern yakni dengan gaya ala oriental. Desain ini bisa anda terapkan untuk kamar mandi dengan persediaan ruang sangat sempit.

Dinding dan permukaan lantai desain ala oriental terbuat dari kayu pada lapisan terluar.

Lapisan tersebut diolesi bahan yang berfungsi anti bocor dan tahan terhadap guyuran air.

Permukaan kayu yang telah diolesi cat atau cairan tahan air dapat dibersihkan dengan mudah serta anti jamur dan bakteri.

Foto Kamar Mandi Bernuansa Oriental
Kamar Mandi Bernuansa Oriental

Gunakan Aneka Motif di Kamar Mandi

Selain motif polos dengan penerapan warna dominan sepenuhnya. anda juga bisa menggunakan motif sesuai kriteria yang disukai, misalnya polkadot atau motif bunga.

Anda bisa menggunakan kain motif pada penutup kain atau beranda bathtub dan meletakkan bunga-bunga hidup sebagai hiasan.

Terapkan pencahayaan terang dan motif dengan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas. Peralatan yang dipasang di ruang kamar mandi sebaiknya memiliki warna sesuai dengan konsep ruangan.

Foto Dekorasi Motif Kamar Mandi
Dekorasi Motif di Kamar Mandi

Penuhi dengan Perabotan dan Peralatan Mini yang Unik

Kamar mandi dengan ukuran kecil akan semakin terlihat sempit jika anda memenuhinya dengan perabotan secara penuh.

Apabila peralatannya berukuran besar pastinya tidak ada cukup ruang bagi anda untuk memasuki kamar mandi. Sehingga peralatan seperti bathtub, wastafel, almari dan lainnya berukuran mini tentunya menjadi opsi.

Anda bisa memesan bathtub mini dengan bentuk yang menyesuaikan sudut ruangan toilet.

Wastafel mini juga terlihat lebih unik dan menggemaskan ketika anda dapat memasangnya di lokasi yang tepat di bawah cermin berbentuk unik.

Gantungan handuk bisa dipasang secara menggantung agar menghemat tempat.

Apabila ingin menambahkan gantungan shower, anda bisa menaruhnya di lokasi yang tepat dengan menutup sebagian sisinya dengan tirai.

Tetapi sesuaikan terlebih dahulu dengan jenis kamar mandi yang anda pilih. Karena tirai lebih cocok diterapkan pada kamar mandi kering.

Foto Dekorasi aksesoris Kamar Mandi
Perabot Sebagai Penunjang Desain

Pilih Desain Kamar Mandi Bernuansa Alam

Salah satu inspirasi kamar mandi minimalis dengan desain unik yakni bernuansa alam. Meskipun ruang tersebut begitu sempit akan terasa nyaman jika anda membuatnya terlihat alami.

Caranya dengan melapisi bebatuan kerikil untuk permukaan lantai serta menggunakan batu alam atau keramik untuk dindingnya.

Selain batu alam, batu kali, atau kerikil, anda juga bisa menggunakan kayu. Buatlah agar lubang ventilasi memperoleh sirkulasi udara dengan baik.

Kemudian anda bisa menambahkan beberapa jenis tumbuhan di dalam kamar mandi, atau dengan membangunnya tanpa atap serta dilengkapi dengan pepohonan cerah di ujung.

Beberapa tanaman bunga hidup dapat memberikan kesegaran ruang kamar mandi yang sempit.

Tetapi jangan memenuhinya secara berlebihan hingga tak ada ruang bagi anda untuk melakukan aktivitas dengan efektif. Buatlah ruang menjadi indah dan segar untuk relaksasi saat mandi.

Foto Kamar Mandi Bernuansa Alam
Desain Kamar Mandi Bernuansa Alam

Kamar Mandi dengan Gaya Klasik nan Elegan

Kamar mandi dalam bangunan bergaya modern kebanyakan dibuat elegan meskipun dibuat pada ruang yang sempit. Caranya dengan menyesuaikan ukuran dan bentuk peralatan yang ada pada kamar mandi sesuai ukuran ruang serta konsepnya.

Anda bisa membangun kamar mandi dengan gaya klasik yang elegan di ruang sebesar 1 x 2 meter.

Desain bathtub dibuat minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat. Segala peralatan seperti wastafel, almari penyimpan peralatan mandi, rak dinding, serta gantungan dibuat berukuran minimalis bergaya unik.

Gaya klasik umumnya diterapkan pada rumah-rumah yang dibangun di kompleks perumahan.

Lahan yang tersedia cukup sempit sehingga pilihan yang cocok adalah membuat kamar mandi sederhana namun elegan agar tampak luas.

Foto Kamar Mandi Desain Klasik nan Elegan
Kamar Mandi Berdesain Klasik Nan Elegan

Gunakan Bathtub Gaya Vintage

Bathtub pada kamar mandi biasanya memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan perabotan lainnya.

Sebaiknya sesuaikan ukuran bathtub dengan tubuh para penghuni ruangan agar kamar mandi terlihat lebih luas. Ikuti bentuk bangunan yang tersedia saat hendak memasang bathtub.

Foto Bathtub Vintage
Vintage Bathtub

Bathtub gaya vintage akan lebih tepat dengan ukuran yang dalam namun panjangnya sesuai dengan tubuh manusia pada umumnya. Bathtub vintage biasanya tersedia dengan beragam warna sesuai kriteria si pemesan.

Bathtub vintage dengan warna hitam atau cokelat polos lebih menarik dan mudah menyatu dengan warna-warna lain di permukaan ruang kamar mandi.

Warna hitam polos akan sesuai jika dinding anda bercorak bata merah. Serta dengan warna lantai sederhana tapi elegan yang terbuat dari bahan keramik atau kayu.

Wrapping Up

Ketujuh inspirasi kamar mandi minimalis di atas telah diterapkan pada beberapa bangunan ruangan yang cocok untuk keluarga.

Informasi ini sangat tepat bagi anda yang bingung mendesain ruang kamar mandi dengan ukuran yang sempit.

Semoga tulisan di atas dapat membantu anda dalam mendapatkan ide dan inspirasi desain kamar mandi sesuai dengan yang diinginkan dan nyaman.


Tags

Inspirasi Desain